Sejarah Program Studi S2 Ilmu Ekonomi Pertanian

12 Juli 2018

Universitas Andalas, universitas tertua di luar Jawa dan tertua ke empat di seluruh Indonesia, didirikan atas SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 80016/Kab; 23 Desember 1955. 

Universitas ini secara resmi dibuka oleh empat pendirinya, bersama dengan Drs. Mohammad Hatta, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Sarino Mangoenpranoto pada 13 September 1956.

Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) adalah fakultas pertanian tertua di luar pulau Jawa. Pada 30 November 1954 Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bapak Drs. Mohammad Hatta, meresmikan berdirinya Perguruan Tinggi Pertanian di Payakumbuh. Selang dua tahun setelah itu, tepatnya 13 September 1956, Perguruan Tinggi Pertanian didaulat menjadi Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Pertanian (PS S2 IEP) didirikan melalui Aliansi Universitas Andalas dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), mengingat masih banyak dosen di Sumatera Barat dan propinsi sekitarnya yang berlatar belakang pendidikan Ilmu Ekonomi Pertanian yang belum berkualifikasi akademik magister (S2), melalui aliansi ini terbuka kesempatan kepada dosen-dosen tersebut untuk melanjutkan studinya dan juga  mahasiswa lulusan dari Jurusan Sosial Ekonomi/Agribisnis (pertanian dan peternakan), jurusan di Fakultas Ekonomi dan Teknologi Pertanian serta jurusan atau program studi terkait baik yang telah bekerja atau yang baru menyelesaikan sarjana S1. Setelah melewati proses dan prosedur yang cukup panjang, Dikti mengeluarkan izin pendirian Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian Program Pascasarjana Universitas Andalas melalui Keputusan Mendiknas RI No. 216/D/O/2010 tentang Penyelenggaraan Program Studi Ekonomi Pertanian (S2) pada Universitas Andalas di Padang.

Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi (PS) S2 Ilmu Ekonomi Pertanian awalnya disusun melalui pertemuan-pertemuan formal di tingkat Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian pada awal tahun 2009 dengan melibatkan seluruh staf pengajar, disosialisasikan dilingkungan Fakultas Pertanian, Program Pascasarjana dan Universitas Andalas, salah satu kegiatannya adalah Sosialisasi (Urun Rembuk) Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Pertanian Universitas Andalas Tahun 2010. Dengan Program Aliansi antara Program Pascasarjana Universitas Andalas dan Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor dalam pembukaan dan pengembangan Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian 2009-2011, visi, misi, tujuan dan sasaran PS S2 IEP disosialisasikan dan didiskusikan dalam (1) Lokakarya kurikulum dan pengelolaan Sekolah Pascasarjana dan Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Pertanian IPB Bogor yang dilaksanakan di Bogor pada tanggal 16-17 Desember 2009 dan (2) Lokakarya Kurikulum, RPKPS dan POB di Unand yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Desember 2009, (3) Lokakarya Penyusunan POB Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Pertanian Universitas Andalas, 27 Desember 2010, (4) Lokakarya State of The Art dan Roadmap Penelitian Ilmu Ekonomi Pertanian 29 Oktober 2011. Juga visi dan misi PS S2 IEP telah di sosialisasikan pada pertemuan “Regional Rountable Seminar On Agriculture Economics In Malaysia – Indonesia”, 5 July 2012, University Teknologi MARA (UiTM), Shah Alam, Malaysia.

Read 777 times